Kamis, 17 Desember 2015

Sejarah Film Indonesia

Pada tanggal 28 Desember 1895, Grand Cafe Boulevard de Capucines, Paris, Perancis menjadi tempat pertama kali film dipertontonkan untuk khalayak umum dan berbayar. Peristiwa ini sekaligus menandai lahirnya film dan bioskop di dunia. Dunia internasional mengakui bahwa peristiwa di Grand Cafe inilah yang menandai lahirnya film pertama di dunia.

Di Indonesia, film pertama kali diperkenalkan dan dipertontonkan pada tanggal 5 Desember 1900 di Tanah Abang, Batavia (Jakarta). Pada masa itu film disebut “Gambar Idoep”. Film tersebut adalah sebuah film dokumenter yang menggambarkan perjalanan Ratu dan Raja Belanda di Den Haag. Pertunjukan pertama ini kurang sukses karena harga karcisnya dianggap terlalu mahal. Sehingga pada 1 Januari 1901, harga karcis dikurangi hingga 75% untuk menambah minat penonton. Awalnya film-film yang dipertontonkan tidaklah memiliki suara, dan gambarnya hitam putih. Namun pada tahun 1939 industri film lokal berhasil membuat film yang memiliki suara. Dan penambahan jumlah bioskop juga meningkat pesat pada saat itu.
            Pada tahun 80’an film indonesia semakin berkembang, pertambahan jumlah aktris dan aktor juga meningkat pesat.  Namun pada tahun 80’an juga terjadi pergeseran film indonesia karena banyak film asing yang masuk ke bioskop indonesia. Namun hal tersebut bukanlah suatu penghalang bagi para pembuat film indonesia mereka terus berjuang hingga banyak mendapatkan penghargaan internasional seperti film “cinta dalam sepotong roti”, “Daun di atas Bantal” karya Garin Nugroho.
Kemudian hadirlah berbagai kamera digital yang mendukung perkembangan film Indonesia. Hingga saat ini film indonesia terus berkembang, bisa dilihat dari kualitas film yang ditampilkan, banyaknya aktor dan aktris yang shooting diluar negri, bahkan para pembuat film selalu menghasilkan karya-karya yang briliant untuk kepuasan penonton dan memajukan film indonesia.

1 komentar:

  1. Anda salah satu pencinta permainan Poker?
    Mau bonus menarik bersama kami setiap harinya?

    Ayo koin bersama kami di Pokervita
    agent poker dengan bonus harian & mingguan terbanyak

    Info hub
    WA:0812 2222 996

    BalasHapus