Selasa, 22 Desember 2015

Cara Melatih Diri Menjadi Broadcaster yang Profesional

Broadcaster merupakan sebutan bagi seseorang yang bekerja dalam industri penyiaran. Untuk menjadi broadcaster yang baik dan profesional kita harus selalu melatih diri untuk menjadi yang lebih baik lagi setiap harinya. Kali ini penulis akan memberikan tips untuk menjadi broadcaster yang baik dan profesional.
ini adalah hal-hal yang harus anda lakukan.
1.     Niat
Niat adalah hal yang sangat penting yang harus dimiliki oleh seorang broadcaster. Niat yang kuat akan membawa anda untuk menjadi broadcaster yang profesional, karena niat merupakan cikal bakal keberhasilan seseorang.
2.    Melatih skill
Berusahalah melatih skill, banyak sekali skill yang terdapat dalam dunia broadcaster. Gunakan youtube, internet, dan teman-teman broadcaster lain untuk anda mengembangkan skill anda. Jangan takut salah, lakukan yang terbaik atas apa yang telah anda rencanakan. Karena menjadi broadcaster bukan hanya cuap-cuap belaka disaat siaran. Tetapi broadcaster harus mampu berkomunikasi seperti sedang berbicara dengan orang banyak. Banyak sekali broadcaster yang malas untuk melatih dirinya sehingga tak jarang kita menemukan broadcaster abal-abal yang tidak memiliki skill yang baik dan bekerja secara profesional.
3.    Melatih artikulasi suara
Hal ini sangatlah diperlukan untuk menjadi seorang broadcaster, karena ketika broadcaster jarang melatihnya maka artikulasi suara akan menjadi berantakan. Pernahkah anda mendengar radio yang penyiarnya berbicara terlalu cepat apalagi menggunakan bahasa asing sehingga anda kurang jelas mendengar apa yang ia ucapkan? Seperti itulah ketika artikulasi suara jarang dilatih. Memang terlihat spele, namun anda harus setiap hari melatihnya agar artikulasi suara anda benar-benar jelas.
4.    Latih suara diagfragma
Suara yang dibutuhkan oleh seorang broadcaster adalah suara diagfragma (suara perut) karena suara diagfragma menghasilkan suara yang berenergi, bulat dan akan terdengar jelas. Latih setiap hari, jangan kempeskan perut anda, namun kembungkan perut anda dan simpan udara dalam perut dan berbicaralah untuk mengasilkan suara diagfragma.
5.    Skript
Untuk menjadi seorang broadcaster profesional, anda harus rajin membuat skript sebelum siaran. Jangan terpaku pada internet. Apabila jaringan internet tidak ada ketika anda siaran anda sudah memiliki skript informasi untuk anda bagikan pada pendengar.
Semoga tips diatas membantu anda untuk menjadi broadcaster yang lebih profesional. J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar