Rabu, 16 Desember 2015

Perkembangan Musik Hip Hop

Hip Hop merupakan perpaduan yang sangat dinamis antara elemen-elemen yang terdiri dari MCing rapping, DJing, Breakdance. Belakangan ini elemen Hip Hop juga diwarnai oleh beatboxing, fashion, bahasa slang, dan gaya hidup lainnya.
Awalnya pertumbuhan Hip Hop dimulai dari The Bronx di kota New York dan terus berkembang dengan pesat hingga keseluruh dunia. Hip hop pertama kali diperkenalkan oleh seorang Afro-Amerika, Grandmaster Flash dan The Furious Five. Awalnya musik Hip Hop hanya diisi dengan musik dari Disk Jockey dengan membuat variasi dari putaran disk hingga menghasilkan bunyi-bunyi yang unik. Rapping kemudian hadir untuk mengisi vokal dari bunyi-bunyi tersebut. Sedangkan untuk koreografinya, musik tersebut diisi dengan tarian patah-patah yang dikenal dengan breakdance.
            Di Indonesia pada tahun 90an hip hop dan rap berkembang pesat dan menjadi salah satu musik yang digemari oleh kalangan remaja. Perkembangan rap di Indonesia dicatat dengan adanya kompilasi Pesta Rap. Sosok Iwa K adalah pionir rap di Indonesia yang menyebarkan wabah hip hop pada anak muda Indonesia.
Hip hop terus berkembang, fashion, gaya dan berbagai variasi musik telah dicetuskan oleh sebab itu banyak anak indonesia yang tidak segan-segan untuk mendalami hip hop. Anak-anak indonesia juga mulai mengkombinasikan hip hop dengan musik-musik lokal indonesia. Indonesia memiliki keberagaman bahasa, dalam mengkombinasikan musik hip hop anak-anak indonesia juga memasukkan bahasa-bahasa daerah mereka. Misalnya seperti hip hop Aceh, Jogja, dan lain sebagainya. Kini, semua jenis lagu bisa dikolaborasikan dengan musik hip hop, contohnya saja musik religi yang mendayu-dayu kini banyak dikolaborasikan dengan musik hip hop.

1 komentar:

  1. Anda pencinta permainan poker?
    Mau bonus menarik bersama kami?

    Mari join segera bersama kami di POKERVITA

    Info hub
    WA:0812 2222 996

    BalasHapus