Selasa, 22 Desember 2015

Cara Mengevaluasi Belajar Anak

Evaluasi adalah proses mengumpulkan dan mengkaji berbagai informasi secara sistematis, terukur, berkelanjutan, serta menyeluruh tentang pertumbuhan dan perkembangan yang telah dicapai oleh anak selama kurun waktu tertentu. Evaluasi sangat diperlukan karena kita dapat mengetahui pertumbuhan dan perkembangan yang telah dicapai oleh anak.


Berikut merupakan cara-cara untuk mengevaluasi belajar anak.
1.     Pengamatan dan pengumpulan informasi dilakukan ketika proses pembelajaran, baik secara langsung maupun secara tidak langsung.
2.    Gunakan teknik percakapan yang baik agar anak-anak dapat mengerti ketika evaluasi.
3.    Libatkan anak untuk mempraktekkan semua yang telah ia pelajari, dan amati apakah benar yang ia kerjakan.
4.    Ajak anak untuk menyelesaikan masalah dalam kelompok maupun mandiri untuk mengetahui sejauh mana perkembangan anak dapat menyelesaikan masalah.
5.    Catat seluruh respon anak mulai dari sikap, keterampilan, pengetahuan dan lain sebagainya.
Jika dalam proses evaluasi ditemukan anak yang hasil belajarnya belum mencapai kompetensi yang sesuai dengan potensinya, maka orang tua maupun pendidik harus membuat program kegiatan belajar yang lebih efekektif untuk mendorong pencapaian potensi yang optimal. Misalnya lebih sabar dalam menghadapi anak yang agak lamban dalam berpikir, buat permainan yang dapat memacu perkembangan anak, ajari anak untuk selalu mencoba lagi ketika ia gagal. jangan malah memarahi anak ketika anak belum dapat mencapai kopetensinya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar