Kamis, 17 Desember 2015

Pray For “terumbu karang indonesia”

           Terumbu karang adalah struktur hidup terbesar dan tertua di dunia. Untuk sampai ke kondisi yang sekarang, terumbu karang membutuhkan waktu berjuta tahun. Tergantung dari jenis, dan kondisi perairannya, terumbu karang umumnya hanya tumbuh beberapa milimeter saja per tahunnya. Yang ada di perairan Indonesia saat ini paling tidak mulai terbentuk sejak 450 juta tahun silam. 

Terumbu karang berfungsi sebagai tempat tinggal, berkembang biak, dan mencari makan ribuan jenis ikan, hewan, tumbuhan dan makanan laut lainnya yang mengandung protein tinggi. Jika terumbu karang rusak, maka hewan dan tumbuhan yang ada dilaut tidak mempunyai tempat tinggal dan punah. Hal ini akan mengubah ekosistem sehingga akan berdampak buruk pada kebutuhan manusia.
            Terumbu di Indonesia merupakan yang terkaya di dunia. Diperkirakan dari total luas terumbu karang di dunia yang mencapai 284.300 km2 dan 18 % (85.200 km2) diantaranya berada di wilayah Indonesia. Namun, beberapa tahun belakangan  banyak sekali terumbu karang yang rusak akibat ulah masyarakat indonesia sendiri. Misalnya seperti membuang sampah dan limbah ke laut, menggunakan bom ikan, banyak para turis lokal maupun mancanegara yang menginjak terumbu karang, dan lain sebagainya. Kerusakan ini harus dengan cepat dicegah, bukan hanya pemerintah yang memiliki andil dalam hal ini, namun kita sebagai masyarakat indonesia harus dapat mencegah terjadinya kerusakan yang lebih parah terhadap terumbu karang indonesia.
Adapun hal-hal yang dapat dilakukan adalah Jangan Membuang Sampah ke Laut, Jangan Menangkap Ikan Menggunakan Bom karena dapat menghancurkan terumbu karang. Jangan Menyentuh atau menginjak Terumbu Karang, karna menurut beberapa sumber, jika terumbu karang disentuh saja maka terumbu karang tersebut akan mati. 
Untuk pemerintah, sebaiknya segera tegakkan hukuman yang tegas bagi para industri yang membuah limbahnya ke laut dan berikan hukuman yang tegas bagi orang-orang yang melakukan penebangan Liar hutan dan hutan Bakau yang dapat menyebabkan erosi atau abrasi. Lalu buatlah Cagar Laut dengan memanfaatkan Kapal-kapal Bekas Sebagai habitat Baru Terumbu Karang dan juga mencoba untuk mengembangbiakkan Terumbu Karang. Pemerintah juga di tuntut untuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat mengenai cara penyelamatan terumbu karang ini agar seluruh masyarakat indonesia tau betapa pentingnya terumbu karang bagi kehidupan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar