Selasa, 13 Oktober 2015

waspadalah: Stroke mengintai anda

Stroke adalah penyakit defisit neurologis (gangguan saraf) akut yang disebabkan oleh gangguan pembuluh darah otak yang terjadi secara mendadak dan dapat menimbulkan cacat atau kematian. Dengan kata lain penyakit stroke ini merupakan penyakit pembuluh darah otak yang ditandai dengan kematian jaringan otak hal ini disebabkan karenakan adanya penyumbatan, penyempitan atau pecahnya pembuluh darah menuju otak sehingga pasokan darah dan oksigen ke otak berkurang.
Jenis stroke dibagi menjadi dua yaitu stroke iskemik dan stroke hemoragik.  Stroke Iskemik adalah stroke yang disebabkan oleh adanya sumbatan pada pembuluh darah otak, sehingga daerah otak yang tidak dialiri oleh darah tersebut  tidak mendapat pasokan energi dan oksigen yang akhirnya jaringan sel-sel otak tersebut mati dan tidak dapat berfungsi. Sedangkan Stroke Hemoragik adalah stroke yang disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah diotak hingga darah keluar dari pembuluh darah dan masuk ke dalam jaringan otak, kemudian merusak sel-sel otak di daerah tertentu, sehingga pada akhirnya bagian otak  yang terkena tidak dapat berfungsi dengan baik.

Penyebab stoke ialah tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, gangguan jantung, kebiasaan merokok, obesitas, mengkonsumsi makanan siap saji, mengkonsumsi alkohol, dan kurangnya olahraga. Gejala awal stroke yaitu rasa sulit berbicara, lemas pada kaki, tangan, satu mata atau dua mata mendadak kabur, mendadak merasakan pusing tanpa diketahui penyebabnya, terkadang orang yang baru mengalami stroke kehilangan kesadaran (pingsan) dan suhu tubuhnya meningkat.
Untuk menghindari stroke, ubahlah pola hidup dari sekarang, biasakan hidup sehat, berhenti merokok dan konsumsi alkohol, konsumsi makanan yang sehat (tidak mengandung lemak berlebih), periksa secara rutin tekanan darah, pantau berat badan, kurangi makan makanan yang mengandung banyak garam, dan olahraga secara teratur. Saat ini stroke menjadi penyebab kecacatan nomor satu di dunia dan penyebab kematian nomor dua didunia. Peningkatan usia dapat meningkatkan resiko terjadinya stroke, tetapi bukan berarti stroke hanya menyerang orang-orang yang lanjut usia, stroke dapat menyerang siapa saja.



1 komentar: