Selasa, 13 Oktober 2015

Tahukah kamu perbedaan gagal jantung dan serangan jantung ?


Gagal jantung dan serangan jantung menyerang organ yang sama yaitu jantung. Namun ada perbedaan antara gagal jantung dan serangan jantung yang harus kamu ketahui. 
  • gagal jantung yaitu suatu kondisi dimana otot jantung (miokard) kekurangan suplai oksigen, sehingga otot jantung tidak mampu memompa darah dengan baik. Kondisi Gagal jantung biasanya muncul tiba-tiba, tanpa peringatan, dan dipicu oleh kerusakan dari dalam organ yang membuat detak jantung tidak teratur. Akibatnya, suplai darah ke organ penting, termasuk otak, tidak mampu dilakukan. Itulah sebabnya seseorang yang gagal jantung tidak memiliki denyut nadi dan langsung pingsan.
Berdasarkan rentang waktu berkembangnya gejala, gagal jantung terbagi menjadi dua, yaitu kronis dan akut. Pada gagal jantung kronis, gejala berkembang secara bertahap dan lama. Sedangkan pada gagal jantung akut, gejala berkembang secara cepat. Seseorang yang terserang gagal jantung akut harus mendapatkan perawatan di rumah sakit.
Pencegahan gagal jantung dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi makanan-makanan yang banyak mengandung zat besi, kurangi konsumsi garam berlebihan, berhenti dari kebiasaan hidup tidak sehat (berhenti merokok, berhenti konsumsi alkohol, makan makanan yang mengandung lemak) dan olahraga secara teratur.
  • serangan jantung merupakan kondisi dimana arteri koroner tersumbat disebabkan oleh thrombus (bekuan darah di pembuluh darah atau jantung) sehingga darah tidak dapat mengalir menuju jantung, ketika suplai darah yang menuju jantung berhenti, seseorang langsung terkena serangan jantung. Penyebab dari gagal jantung itu sendiri ialah kebiasaan merokok, diabetes, kolesterol tinggi, kebiasaan makan makanan yang mengandung lemak, serta darah tinggi.
Gejala yang timbul ketika seseorang terkena serangan jantung ialah rasa berat di bagian dada, sakit di lengan kiri, rahang dan leher, mual, serta napas pendek. Lamanya proses penyembuhan serangan jantung tergantung seberapa berat serangan jantung yang dialami, pencegahan timbulnya serangan jantung dapat dilakukan dengan perubahan menu makanan (tidak mengandung lemak) karena lemak inilah yang menyebabkan terjadinya penyumbatan pada arteri koroner, berhenti merokok, dan olah raga secara rutin.
Serangan jantung dan gagal jantung merupakan penyakit yang mematikan bagi penderitanya. Oleh sebab itu, hidup sehat sangat dibutuhkan untuk mencegah terjadinya gagal jantung dan serangan jantung.       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar