Minggu, 18 Oktober 2015

Dampak buruk penggunaan kawat gigi

Kawat gigi atau biasa disebut dengan behel awalnya bertujuan untuk memperbaiki struktur gigi yang tidak rata atau tidak rapi, namun kini tujuan penggunaan kawat gigi sudan merupakan trend fashion semata.
Banyak orang pada saat ini memasang kawat gigi meskipun gigi mereka rapi. Tak hanya itu, seiring berjalannya waktu banyak sekali tukang pasang kawat gigi yang sebenarnya mereka kurang berkompeten dalam bidang tersebut dan hal ini bukan menjadi berita bagus karena hal ini justru dapat membahayakan kesehatan meskipun harganya terjangkau.
Dampak negatif penggunaan kawat gigi yang antara lain :
·         Gigi semakin mudah goyah
Ketika gigi mendapatkan tekanan untuk mengikuti landasan kawat gigi secara terus menerus, maka gigi akan mudah untuk goyah, sehingga gigi akan mudah copot.
·         Kerusakan gigi
Kerusakan pada gigi dapat menigkat ketika pemasangan kawat gigi karena sulit untuk dibersihkan. Sikat gigi kadang tidak mampu menjangkau sela-sela kecil yang ada di sela-sela kawat gigi.
·         Sariawan
Kawat gigi yang kasar akan bergesekan dengan bagian dalam bibir yang lembut, oleh sebab itu tak jarang kita temui orang yang menggunakan kawat gigi dengan sariawan yang menjadi-jadi.
·         Bau mulut
Bagian gigi yang sulit untuk dibersihkan akan menjadi tempat bersarangnya kuman dan bakteri. Banyak sisa-sisa makanan yang tidak mampu dijangkau oleh sikat gigi, sehingga menjadi bau mulut.



Kawat gigi memang memiliki kekurangan dan kelebihan dalam penggunaannya. sebaiknya, untuk orang-orang yang tidak memiliki masalah gigi, maka tidak perlu memasang kawat gigi, karena hanya akan menambah kerusakan pada gigi. Gigi merupakan aset penting dalam kehidupan. mulai dari sekarang, jangan buang uang untuk menghancurkan gigi anda J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar