Minggu, 18 Oktober 2015

Sie Reuboh (nikmat, empuk dan awet)

Sie reuboh merupakan makanan khas Aceh Besar. Makanan ini merupakan makanan yang cukup sederdaha, biasanya dimasak ketika (meugang) menjelang puasa atau menjelang lebaran. Jika kamu datang ke Aceh besar untuk mencari makanan ini, kamu akan jarang menjumpainya. Karena makanan ini jarang sekali dijual dirumah makan.

Rasa Sie Reuboh yang gurih, pedas, dan asam membuatnya sangat nikmat dengan cita rasanya yang khas sehingga lezat bila di santap dengan nasi putih hangat. Bahan membuat Sie Reuboh ini sangatlah sederhana, sehingga semua orang dapat membuatnya dengan mudah.
Lezatnya kuliner khas Aceh Besar ini tergantung pada daging yang di gunakan. Pilihlah daging sapi has dalam atau has luar, karena lebih empuk dan lebih lembut waktu di gigit. Ada yang menarik dari Sie Reuboh ini, Sie Reuboh ternyata bisa bertahan lama dan bisa di simpan berhari-hari, dan bahkan bisa bertahan selama bulan Ramadhan. Jika sie reuboh telah dingin maka anda tinggal memanaskannya kembali, dan rasanya masih sangat lezat bahkan lebih terasa empuk.
Berikut merupakan resep dan cara pembuatan sie reboh :
Bahan-bahan yang diperlukan:
  1. 250 gr daging (potong kecil-kecil)
  2. 500 gr usus sapi/gapah (potong kecil-kecil)
  3. ½ sdt cabai bubuk
  4. ½ sdt kunyit bubuk
  5. 2 cm lengkuas memarkan
  6. ½ sdt cuka aren
  7. 1 sdt gula merah
  8. ½ sdt garam
  9. 1 buah jeruk nipis
  10. 750 ml air
Bumbu yang dihaluskan:
  1. 6 buah cabai merah
  2. 4 siung bawang putih
  3. 10 buah cabai rawit
Cara membuat Sie Reuboh:

Setelah di potong kecil-kecil, cuci daging hingga bersih, masukkan perasan air jeruk nipis dan garam, aduk sampai tercampur rata. Kemudian masukkan semua bahan dan bumbu yang sudah di haluskan dan aduk sampai merata, lalu tambahkan lengkuas yang sudah dimemarkan. Aduk sampai rata di dalam kuali tanah, lalu panaskan api lebih kurang 15 menit supaya bumbu menyerap dengan sempurna, masukkan cuka dan aduk hingga merata. Biarkan selama 5 jam, lalu tambahkan air dan masak hingga sedikit kering. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar