Selasa, 20 Oktober 2015

Persahabatan kamu seperti apa ?

Pada masa sekarang ini, persahabatan sudah tidak seperti persahabatan dalam film power ranger yaitu melakukan kebaikan bersama, tetapi cobalah kamu berjalan-jalan menusuri kota, kamu akan melihat perkumpulan-perkumpulan orang-orang yang katanya “sahabat” di tempat-tempat hits seperti coffee shop yang hanya sekedar wefie, menghabiskan waktu, uang, berbicara tentang pacar, selingkuhan atau bahkan keburukan orang lain.
Dunia semakin canggih, dengan teknologi yang semakin berkembang. Kamu bisa melihat seberapa banyak sosial media yang sudah tercipta di internet, mulai dari facebook, instagram, twitter, path, bbm, line, we chat, dan lain sebagainya. Banyak orang menggunakan fasilitas itu untuk hal-hal yang tidak baik. Alangkah baiknya ketika sosial media itu digunakan untuk membuat persahabatan semakin erat dengan berbagi informasi dan saling mengingatkan, maka beruntunglah kita yang memiliki persahabatan seperti itu.
Persahabatan yang baik bukan hanya sekedar jalan-jalan bersama, berbagi cerita pribadi maupun cerita orang lain, atau memamerkan hal-hal baru yang dimiliki. Tapi sahabat itu adalah orang-orang yang mengikatkan kita tentang ibadah, mengajarkan kita tentang kebaikan, menegur kita ketika kita salah, dan selalu ada ketika kita susah maupun senang.

Persahabatan merupakan sesuatu yang dianjurkan oleh agama, baik islam maupun agama lain. namun celaka sekali yang bersahabat dengan orang yang akhlaknya tidak baik. orang-orang yang meninggalkan kewajiban seperti beribadah, orang yang merusak kesehatannya sendiri dan lain sebagainya.
Dalam Islam Rasulullah SAW pun menegaskan dalam perumpamaannya jika seseorang bersahabat dengan penjual minyak wangi akan ada 3 kemungkinan, yaitu pertama kemungkinan kamu akan membeli minyak yang wangi itu, kedua kamu diberi secara gratis oleh penjualnya, dan kemungkinan terakhirnya jika kamu tidak diberi maupun tidak mampu membeli, kamu akan tertular bau wanginya. Sebaliknya jika kamu bersahabat dengan pengrajin besi, dimana besi adalah zat padat dan hanya api yang bisa membengkokkan atau bahkan meleburnya. Jika kamu bersahabat dengan mereka ada 2 kemungkinan Pertama, panasnya api akan membakar bajumu dan yang kedua kemungkinan  bajumu akan bau karena asap.

Kamu boleh berteman dengan siapapun, namun jangan bersahabat. Karena persahabatan tidak sama dengan pertemanan. Jadikanlah persahabatan kamu kekal sampai di akhirat nanti, dengan melakukan kebaikan bersama di dunia.

2 komentar: