Jumat, 30 Oktober 2015

Malu dong sama rayap !

Rayap merupakan hewan unik yang tuli, bisu, dan buta tapi bisa membangun sarang dengan begitu megah. Rayap masih berkerabat dekat dengan semut, sehingga disebut juga semut putih. Secara fisik, bentuk tubuh rayap hampir mirip dengan semut. Hanya saja, tubuh rayap lebih lunak dan pinggangnya lebih besar.

Seperti halnya semut, rayap juga hidup dalam sebuah koloni yang dipimpin oleh ratu dan raja rayap. Ratu dan raja ini berukuran sangat besar. Bahkan, ratu rayap memiliki ukuran lebih besar, yaitu 11 cm dibanding raja rayap yang hanya berukuran 2 cm saja. Sedangkan, rayap prajurit yang bertugas untuk menjaga ratu hanya 1 cm panjangnya.
Ukuran tubuh rayap memang terbilang kecil. Namun, sebuah koloni rayap bisa menghancurkan sebuah gedung. Koloni ini bisa berjumlah hingga 10 juta rayap. Mereka harus hidup berkelompok karena jika terpisah ia tidak bisa bertahan hidup. Sarang rayap dibangun dengan begitu megahnya, bahkan hingga belasan meter.

Manusia merupakan makhluk yang begitu sempurna, memiliki penglihatan, dapat mendengar dengan baik, dan dapat bekomunikasi dengan baik tapi masih banyak manusia yang tidak bersyukur, masih merasa kurang, masih merasa malas untuk bekerja, dan masih merasa malas untuk berkomunikasi dengan orang lain. Manusia sama seperti rayap, membutuhkan manusia lain untuk dapat bertahan hidup namun mengapa manusia tidak dapat hidup harmonis sama seperti rayap ? belajarlah dari gigihnya rayap, bersyukur atas apa yang telah kita dapatkan, berbuat baik kepada orang lain, serta menjadi pribadi yang lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar