Jumat, 30 Oktober 2015

Perawatan Sepatu yang Baik dan Benar

Sepatu merupakan alas kaki yang berhak mendapatkan perawatan secara khusus. Sebagian dari kita pada saat ini tidak tahu cara merawat sepatu agar sepatu tetap bersih, dan nyaman ketika digunakan. Perawatan sepatu sangat dibutuhkan karena sepatu dapat rusak hanya dalam beberapa bulan saja ketika kita tidak mampu merawatnya dengan baik, apalagi ketika kita menggunakan sepatu itu setiap hari tanpa mau mencuci dan membersihkannya. Oleh sebab itu sepatu akan mengeluarkan aroma yang tidak sedap dan tidak nyaman ketika digunakan. 

Berikut merupakan cara merawat sepatu yang naik dan benar.
1. jangan menumpuk sepatu
          Sering sekali kita menumpuk sepatu ketika rak sepatu sudah terlalu penuh. Hal ini menyebabkan sepatu rusak karna tertindih oleh sepatu-sepatu yang lain. Apalagi jika kita meletakkan barang lain diatas sepatu seperti helm, dan lain sebagainya. Penumpukan sepatu juga dapat menyebabkan perkumpulan bakteri didalam sepatu sehingga sepatu menjadi bau dan kotor. Oleh sebab itu, jangan menumpuk sepatu dan meletakkan barang lain diatas sepatu agar sepatu tidak rusak.
2. jangan biarkan sepatu basah atau lembab
          Jika terkena air hujan atau lembab karena keringat, jemur sepatu hingga kering. Bersihkan sepatu hingga tidak ada kotoran yang tertinggal baru simpan di kotaknya. Untuk menghidarinya dari jamur letakkan silica gel atau kapur barus dalam kotak untuk menyerap lembab. 
3. cuci atau bersihkan sepatu secara rutin
          Ketika sepatu tampak kotor, cuci atau bersihkan sepatu tergantung dari bahan sepatu. Jika bahan sepatu terbuat dari suede gunakan sikat atau handuk khusus untuk membersihkannya. Pada saat membersihkannya usahakan dengan cara satu arah agar bahan suede tidak cepat rusak dan juga warna sepatu tetap bagus. Sikat dengan perlahan, jangan menekanya terlalu keras. Jangan lupa untuk menggunakan cairan khusus untuk membersihkannya, jangan menggunakan bahan kimia seperti detergen. yang harus dihindari agar sepatu suede tetap awet adalah  jangan pernah malas untuk membersihkan sepatu yang berbahan suede. Jika ada sedikit noda langsung saja dibersihkan karena jika tidak dibersihkan kotoran tersebut akan semakin mengeras di sepatu dan akan lebih sulit untuk dibersihkan. Jangan menjemur sepatu suede dibawah sinar matahari langsung karena akan membuat bahan cepat rusak. Jika sepatu basah, didiamkan saja atau diangin-anginkan saja dan biarkan kering dengan sendirinya.
      Jika sepatu berbahan kulit, kita bisa membersihkannya dengan handuk untuk mengilangkan debu yang menempel pada sepatu kulit dan menyemirnya agar tetap sepeti baru. Jangan gunakan sikat yang kasar ketika membersihkan sepatu berbahan kulit dan jangan gunakan sepatu secara berlebihan karena akan membuat sepatu menekuk serta hindari menjemur sepatu kulit ditengah terik matahari karena akan membuat sepatu kulit terkelupas.

          Untuk jenis sepatu yang berbahan jeans atau kanvas kita cukup menggunakan sikat yang bertekstur sedang untuk membersihkan kotoran yang ada dan hindari merendam sepatu dengan detergen. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar