Senin, 30 November 2015

Seks Bebas Seperti Benalu di Negeri ini, Apa yang Harus Lita Lakukan ?

Perilaku seks merupakan salah satu kebutuhan pokok yang senantiasa mewarnai pola kehidupan manusia dalam masyarakat. Perilaku seks dipengaruhi oleh nilai dan norma yang dianut oleh masyarakat. Bagi masyarakat tradisional yang memegang teguh pada nilai, norma, agama dan budaya, cenderung memandang seks sebagai suatu perilaku yang bersifat rahasia dan tabu untuk dibicarakan secara terbuka, khususnya bagi golongan yang dianggap belum cukup dewasa. Namun seiring berjalannya waktu, seks bukan lagi menjadi hal yang tabu untuk dibicarakan. Bahkan anak-anak yang belum cukup dewasa untuk mendengar cerita seks malah telah melakukan hubungan seksual layaknya suami istri. Oleh karena itu saya tertarik untuk membahas mengenai seks bebas yang sangat sering terjadi dilingkungan kita.
Seks bebas adalah hubungan seksual yang dilakukan diluar ikatan pernikahan, baik suka sama suka atau dalam dunia prostitusi. Seks bebas bukan hanya dilakukan oleh kaum remaja bahkan yang telah berumah tangga pun sering melakukannya dengan orang yang bukan pasangannya. Biasanya dilakukan dengan alasan mencari variasi seks ataupun sensasi seks untuk mengatasi kejenuhan. Pada remaja biasanya akan mengalami kehamilan diluar nikah yang memicu terjadinya aborsi. Kurva aborsi di indonesia semakin meningkat, aborsi merupakan tindakan yang sangat berbahaya dan beresiko kemandulan bahkan kematian. Selain itu tentu saja para pelaku seks bebas sangat beresiko terinfeksi virus HIV yang menyebabkan AIDS, ataupun penyakit menular seksual lainnya.
penyebab seks bebas antara lain adalah Gagalnya sosialisasi keyakinan agama dan moralitas dalam keluarga, Semakin terbukanya peluang pergaulan bebas, penyerapan dan penghayatan terhadap seks bebas relatif tinggi, Rendahnya keperdulian dan kontrol sosial masyarakat, adanya kemudahan dalam mengantisipasi resiko kehamilan, rendahnya pengetahuan tentang kesehatan dan resiko penyakit berbahaya, Sikap perilaku dan busana yang mengundang desakan seks, Kesepian, tersedianya lokalisasi atau legalitas pekerja seks. Untuk mengurangi seks bebas di negeri ini tidak hanya pemerintah yang berperan penting namun masyarakat juga harus turut serta, adapun hal yang harus kita lakukan adalah :
1.     Dekatkan diri pada tuhan
Tidak ada agama di dunia ini yang membolehkan perilaku hubungan badan selain dengan suami istri. Cobalah untuk memahami berbagai ajaran agama untuk mencegah berbagai perilaku negatif. Perbanyaklah beribadah, karena dengan beribadah anda i bisa mendekatkan diri anda pada Tuhan dan membuat anda lebih takut berbuat dosa.
2.    Pahami dampak negatif seks bebas
Pahamilah bahwa seks bebas bisa membawa konsekuensi yang sangat fatal bagi masa depan anda, bahkan berujung kematian. Seks bebas bisa meningkatkan resiko terjangkit AIDS, penyakit kelamin lainnya, dan dapat menyebabkan aborsi yang semakin tinggi. Selain itu secara psikologis seks bebas juga membawa dampak yang buruk.  Kita akan seolah-olah dihantui oleh perasaan berdosa dan bersalah.  Hal ini dalam jangka panjang bisa mengakibatkan turunnya rasa percaya diri, stress, bahkan depresi.
3.     pilihlah lingkungan yang positif
Lingkungan sangat berperan dalam membentuk karakter serta perilaku keseharian kita. anda dapat berteman dengan siapapun, namun sebaiknya anda memilih sahabat-sahabat terdekat anda, karena merekalah yang akan membawa anda kedalam pengaruh positif atau negatif.
4.     Menjalin hubungan harmonis dalam keluarga
Salah satu faktor penting yang sering dilupakan untuk mengurangi risiko seks bebas adalah dengan cara menjaga hubungan baik orangtua dan anak.  Berdasarkan penelitian, anak yang kurang diperhatikan dan memiliki hubungan yang renggang dengan orangtuanya cenderung terjerumus ke perilaku free sex.  Begitu juga anak yang berasal dari keluarga yang tidak harmonis.
5.    Pikirkan masa depan
Pola pikir yang harus anda tanamkan untuk mencegah diri sendiri atau anak untuk melakukan seks bebas adalah dengan memikirkan masa depan. Karena masa depan akan kacau jika efek berbahaya dari seks bebas terjadi pada diri anda.
6.    Mengetahui pendidikan seks yang benar dan sesuai
Pendidikan seks adalah langkah yang tidak boleh dilupakan dan merupakan salah satu cara mencegah seks bebas paling penting.  Ada banyak kasus di mana pergaulan bebas terjadi karena ketidaktahuan seseorang terhadap berbagai risiko seks bebas, seperti kehamilan dan penyakit menular.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar