Minggu, 29 November 2015

Sebelum Memahami Orang Lain, Pahamilah Diri Sendiri


Orang yang cerdas memahami diri sendiri, mengenal baik dirinya. Mereka lebih dapat membuat pilihan-pilihan yang cerdas dalam kehidupan mereka. Mereka mungkin tidak akan terlalu terpengaruh oleh tekanan sesama, karena mereka tidak terlalu peduli apa kata orang tentang mereka dan tidak mau melakukan hal-hal yang menghalangi mereka dalam meraih sasaran-sasaran mereka.
Berikut adalah cara-cara untuk mengembangkan sekaligus memahami diri anda :
1.     Tanyakan kepada diri sendiri, tulislah “Siapakah aku?” di atas kertas tulislah jawaban sebanyak mungkin. Sebutkan apa yang anda sukai dan yang tidak anda sukai, hobi-hobi anda, dan apapun yang muncul di benak anda. Jawablah sedetail mungkin. Pergunakanlah waktu selama yang anda butuhkan, dan juga kertas sebanyak yang anda butuhkan.
2.    Buatlah daftar hal-hal yang menjadi kemahiran anda. Lalu buatlah daftar hal-hal yang anda mau menjadi kemahiran anda. Berdasarkan kedua daftar tersebut, buatlah sebuah daftar sasaran bagi diri anda.
3.    Tetapkanlah sasaran bagi diri anda sendiri. Kalau terlalu mudah, anda tidak akan merasa berprestasi ketika meraihnya. Kalau terlalu sukar atau bahkan mustahil, anda akan merasa frustrasi dan marah karena tidak mengalami kemajuan. Pada batas waktu yang telah anda tetapkan, evaluasilah prestasi anda dalam meraih sasaran-sasaran tersebut, lalu tetapkanlah sasaran-sasaran baru.
4.    Ingatlah mimpi-mimpi anda.
5.    Renungkan hari anda. Renungkanlah hal-hal besar yang terjadi, apa saja yang tidak berjalan lancar apa saja yang anda pelajari.
6.    Bacalah buku-buku pengembangan diri. Buku-buku ini bisa mencakup tulisan atau biografi orang-orang seperti Mahatma Gandhi, Martin Luther King, Rosa Parks, Gloria Steinem, atau Eleanor Roosevelt.
7.    Luangkan waktu untuk melakukan sesuatu yang anda sukai. Entah hobi atau mempelajari hal-hal baru yang mengundang rasa ingin tahu anda.
8.    Lakukan sesuatu yang anda anggap penting dan harus segera anda lakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar