Minggu, 07 Februari 2016

Virus Zika yang Mulai Menggemparkan Dunia



Tahukah anda, virus zika berasal dari hutan Zika yang terletak di antara bandara internasional Entebbe dan Kampala, ibukota Uganda. Virus ini pertama kali menginfeksi monyet yang ada dihutan itu pada tahun 1947. Hutan yang memiliki luas sekitar 12 hektar ini dianggap sebagai surga para nyamuk dan ditinggali lebih dari 60 jenis nyamuk. Sedangkan pada manusia, virus ini pertama kali ditemukan di Nigeria pada tahun 1954. 
Namun, semua itu berubah pada tahun 2007, ketika wabah besar pertama virus Zika dilaporkan di pulau Yap, Mikronesia. Lebih parahnya, banyak ilmuwan percaya bahwa virus Zika telah bermutasi dari virus aslinya yang ditemukan di Uganda yang hanya menyerang monyet. Pada tahun selanjutnya, virus terus berkembang melalui pulau-pulau Pasifik dan akhirnya sampai di Amerika Selatan dan Brasil pada tahun 2015.
Virus yang menyerang kebanyakan wanita hamil ini, berhubungan dengan mikrosefali, yang menyebabkan perkembangan otak janin tidak berkembang, sehingga bayi-bayi lahir dengan kecacatan otak yang mengerikan. Virus ini disebar melalui nyamuk aedes aegypt yang akan menyebabkan Penderita yang tertular virus ini akan menunjukkan gejala-gejala seperti demam, pusing, muncul ruam merah pada kulit, sakit pada persendian dan mata merah.
Virus zika telah masuk Indonesia sejak tahun 1977-1978 namun virus ini tidak berkembang. Sejauh ini, belum ditemukan vaksin untuk virus ini, namun banyak ilmuan yang sedang berusaha untuk menciptakan vaksin untuk memberantas virus ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar