Minggu, 28 Februari 2016

Mengapa tahun kabisat dapat terjadi?

Setiap tahun kita pasti menjumpai bulan februari yang kadangkala hanya sampai tanggal 28 namun kadangkala sampai dengan tanggal 29 dan tak jarang kita temukan orang-orang yang lahir pada bulan februari tanggal 29 harus merayakan ulang tahunnya setiap empat tahun sekali atau mengubah tanggal lahirnya menjadi 28 februari atau 1 maret. Nah, hari ini penulis ingin memberikan informasi asal mula mengapa tahun kabisat dapat terjadi.
Tahun kabisat adalah ketika setiap empat tahun sekali bulan februari bertambah satu hari yaitu sampai tanggal 29 karena penambahan satu hari ini berpengaruh pula terhadap penambahan hari dalam hitungan satu tahun dari 365 menjadi 366 hari. Keunikan tahun kabisat sudah ada sejak ribuan tahun lalu pada zaman julius caesar (pemimpin kekaisaran romawi). Dan tahukan kamu, tahun kabisat merupakan tahun yang bisa dibagi dengan angka empat.

Penentuan tahun kabisat ini bermula saat kebingungan soal tanggal yang tidak tepat dimana bumi memerlukan waktu tidak tepat 365 hari untuk mengelilingi matahari, karna sebenarnya bumi memelurkan waktu 365-seperampat hari. Nah pada zaman julius caesar, ia meminta kepada sosigenes (seorang ahli perbintangan) untuk membuat penanggalan yang benar dan tetap. Setelah diteliti, ternyata satu tahun di bumi berjumlah 365,25 hari. Sehingga, sosigenes menggenapkan nya menjadi 365 hari. Lalu sisanya ia gabungkan menjadi 1 hari setiap empat tahun sekali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar