Senin, 25 Januari 2016

Sampah Plastik Semakin Menggunung


Plastik telah menjadi komponen penting dalam kehidupan saat ini karna plastik  telah menggantikan kayu dan logam. Kelebihan yang dimiliki plastik yaitu ringan, kuat, tahan terhadap korosi, transparan, mudah diwarnai, serta sifat insulasinya yang cukup baik.
Sifat-sifat bahan plastik inilah yang membuatnya sulit tergantikan dengan bahan lainnya untuk berbagai aplikasi khususnya dalam kehidupan sehari-hari mulai dari kemasan makanan, alat-alat rumah tangga, mainan anak, elektronik sampai dengan komponen otomotif. Peningkatan penggunaan bahan plastik ini mengakibatkan peningkatan produksi sampah plastik dari tahun ke tahun.

Seperti telah kita ketahui, plastik merupakan komponen yang sangat sulit terurai dalam tanah, membutuhkan waktu bertahun-tahun dan ini akan menimbulkan permasalahan tersendiri dalam penanganannya. Pembuangan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) bukanlah solusi yang cukup bijak dalam pengelolaan sampah plastik ini. Peranan para pemulung dalam mengurangi timbunan sampah plastik patut mendapat apresiasi meskipun ini tidak bisa menghilangkan seratus persen sampah plastik yang ada.
Saat ini, pemerintah juga tengah berupaya untuk menanggulangi sampah plastik yang semakin menumpuk disetiap daerah di Indonesia. Tidak hanya di daratan, namun dilautan Indonesia yang begitu indah kini juga di banjiri sampah plastik. Upaya pemerintah untuk menanggulangi sampah plastik diantaranya adalah membuat kebijakan kantong plastik berbayar, agar masyarakat indonesia tidak seenaknya menggunakan kantong plastik. Menurut beberapa sumber, kebijakan ini akan mulai dilakukan pada februari 2016 hingga disahkannya kebijakan tentang kantong plastik pada juni 2016 mendatang.
Ketika pemerintah telah membuat kebijakan, diharapkan kepada seluruh masyarakat indonesia tidak hanya menyaksikan, namun juga turut terlibat dalam menanggulangi sampah demi mewujudkan lingkungan yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar